Kemeriahan Peringatan Haul Nyai Ageng Ngerang

Peringatan haul Nyai Ageng Ngerang yang bertepatan dengan datangnya bulan Syuro sering dimaknai oleh warga Dk. Ngerang Ds. Tambakromo dengan diisi berbagi jenis kegiatan diantaranya kegiatan Pasar malam yang sudah berlangsung sejak H-7 sebelum datangnya bulan Syuro dan tentunya para pengunjung yang hadir untuk menikmati acara tersebut setiap malamnya hampir terdapat ribuan pengunjung yang datang dari berbagai desa di Kec. Tambakromo dan sekitarnya.
Selain adanya kegiatan Pasar malam tersebut haul Nyai Ageng Ngerang juga dimeriahkan dengan acara kirab Luwur dan Gunungan Hasil Bumi yang dilaksanakan pada hari Minggu tanggal 03 Nopember 2013, yang mana dalam kegiatan kirab tersebut juga dihadiri oleh para Muspida Kab. Pati dan dari Keraton Surakarta Hadiningrat yaitu Gusti Kanjeng Ratu Koes Indriyah beserta rombongan.
Kedatangan rombongan dari Keraton Surakarta Hadiningrat dilatarbelakangi adanya silsilah kekeluargaan antara Nyai Ageng Ngerang dengan Keraton tersebut, sehingga setiap tahunnya Keraton Surakarta Hadiningrat selalu menyempatkan diri untuk hadir dalam acara kirab luwur tersebut.
Bupati Pati membuka acara Kirab
Bupati Pati membuka acara Kirab
“Diharapkan dari acara haul ini warga Ds. Tambakromo dan warga Kab. Pati pada umumnya dapat memperoleh berkah” Ujar Bupati Pati H. Haryanto, SH, MM, MSi diacara sambutan dan Bapak Bupati Pati juga menyampaikan bahwa Pemkab. Pati juga turut mendukung dengan berpartisipasi dalam pembangunan  makam Nyai Ageng Ngerang yaitu pembangunan paseban yang baru saja selesai.
Pelaksanaan Kirab Luwur dan Gunungan hasil bumi tersebut juga turut dimeriahkan dengan pertunjukan musik marching band dari pelajar siswa – siswi SMPN 01 Tambakromo dan SMA PGRI 03 Tayu.
Sebagai acara puncak serangkaian kegiatan haul Nyai Ageng Ngerang telah dilaksanakan lelang luwur makam Nyai Ageng Ngerang pada hari Selasa tanggal 05 Nopember 2013, dari hasil lelang tersebut pihak Panitia berhasil mengumpulkan uang sebesar Rp. 123 Juta dan renacananya uang hasil lelang tersebut akan diperuntukan sebagai dana pembangunan makam dan sebagian masuk ke dana kas Ds. Tambakromo. 

0 Response to "Kemeriahan Peringatan Haul Nyai Ageng Ngerang"

Posting Komentar